Gangguan kecemasan (gejala, penyebab dan pengobatan)

Gangguan kecemasan (gejala, penyebab dan pengobatan)
Kecemasan adalah campuran dari dua perasaan, yang pertama khawatir tentang acara yang akan datang sedangkan yang kedua adalah perasaan tidak berdaya.

Kecemasan, seperti emosi lain, adalah sinyal dari pikiran yang meminta Anda untuk mengambil dan bertindak.

Alasan merasa cemas sebelum presentasi adalah karena pikiran  ingin lebih siap menghadapinya.

Beberapa orang menjadi khawatir tentang masa depan karena mereka merasa bahwa mereka tidak dapat mengendalikan hidup mereka. Perasaan tidak berdaya ini adalah unsur penting yang harus ada agar kegelisahan mengunjungi orang tersebut.

Mengapa kita menjadi cemas?

Alasan utama orang gagal berurusan dengan emosi buruk seperti kecemasan adalah karena mereka tidak mengerti tujuan mereka.

Gangguan kecemasan dan segala jenis ketakutan, sama seperti emosi lainnya. Mereka adalah sinyal yang dikirim oleh pikiran bawah sadar kepada Anda untuk membantu  memecahkan masalah tertentu.

Sinyal-sinyal ini dikirimkan  untuk memotivasi untuk mengambil tindakan atau meningkatkan kehidupan. Orang yang tidak mendapatkan konsep ini selalu gagal mengatasi kecemasan sebagai akibat menghubungkannya dengan penyebab lain yang salah.

Masalah sebenarnya terjadi ketika emosi-emosi itu mulai dipicu di tempat-tempat di mana mereka tidak diperlukan sama sekali. Misalnya merasa cemas ketika akan melakukan presentasi walaupun tidak ada bahaya nyata bisa menjadi tanda bahwa kecemasan telah berubah dari emosi yang memiliki tujuan tertentu menjadi gangguan kecemasan yang membuat hidup lebih sulit.

Penyebab kecemasan yang bermanfaat

Kegelisahan sebenarnya memiliki banyak penyebab yang bermanfaat. Lagipula jika nenek moyang kita tidak merasa cemas pada waktu-waktu tertentu mereka akan dimakan oleh pemangsa dan kau dan aku tidak akan pernah ke sini hari ini.

Hal yang sama dapat terjadi pada Anda hari ini. Meskipun tidak ada yang akan memakan, masih banyak masalah besar yang bisa terjadi pada  jika tidak merasa cemas.

Pikirkan kecemasan sebagai pesan yang memberi tahu bahwa Anda harus lebih siap. Segera setelah melihatnya dengan cara itu, Anda akan dapat memanfaatkannya alih-alih menganggapnya sebagai emosi yang buruk. Jadi, setelah semua sinyal ini dikirim untuk membantu dan membuat hidup  lebih baik.

Kecemasan dapat disebabkan oleh persepsi yang salah
Kecemasan juga bisa disebabkan oleh persepsi yang salah terhadap suatu peristiwa. Misalnya orang yang mengembangkan rasa takut akan benda yang tidak berbahaya atau hal-hal seperti kucing hanya mengalami kecemasan karena persepsi yang salah.

Jika salah satu dari mereka berhasil mengubah persepsinya dan menyadari bahwa kucing hitam ini tidak akan pernah menyakitinya, ia tidak akan pernah merasa cemas.

Perasaan cemas selalu terhubung dengan masa depan. Ini berarti bahwa orang menjadi cemas tentang acara mendatang sebagian besar waktu dan dengan demikian jika suatu cara ditemukan yang dapat membuat mereka merasa lebih memegang kendali maka tentu kecemasan mereka dapat dikurangi.

Itu sebabnya kecemasan dan kepercayaan diri dapat dianggap sebagai lawan yang lengkap dalam banyak kasus. Saya tidak mencoba untuk mengatakan bahwa siapa pun yang merasa cemas tidak memiliki kepercayaan diri tetapi tentu saja menjadi lebih percaya diri dapat membantu Anda merasa kurang cemas dalam banyak situasi yang Anda hadapi sehari-hari.
Penyebab kecemasan
Perasaan cemas kadang-kadang dikaitkan dengan kurangnya kepercayaan diri di mana orang tersebut merasa bahwa dia tidak memiliki harapan atau bahwa dia kurang memiliki kendali atas hidupnya.

Membangun kepercayaan diri adalah satu hal hebat yang dapat dilakukan untuk merasa lebih terkendali dan mengurangi kecemasan. Anda juga harus memahami bahwa kecemasan mungkin disebabkan oleh persepsi tentang peristiwa itu dan bukan peristiwa itu sendiri. Jika misalnya Anda salah mengartikan peristiwa tertentu, yang merupakan sesuatu yang sering terjadi pada semua orang, maka akan merasa cemas bahkan jika tidak perlu.

membangun kepercayaan pada kemampuan dapat membantu mengurangi kecemasan yang Anda alami tentang peristiwa di masa depan. Lagi pula jika berhasil memastikan acara yang akan datang maka kecemasan tidak akan mengunjungi Anda sama sekali.

Gejala kecemasan dan jenis gangguan kecemasan

Gejala kecemasan meliputi: peningkatan denyut jantung, lekas marah, ketegangan otot, kurang konsentrasi, gelisah dan berkeringat.

Masalah kecemasan tidak berarti Anda lemah atau memiliki masalah dengan kepribadian karena itu hanya emosi normal yang digunakan otak Anda untuk membantu menjalani kehidupan yang lebih baik bahkan jika itu digunakan pada waktu yang salah.

Masalahnya terjadi ketika kecemasan berubah menjadi gangguan. Kecemasan menjadi gangguan ketika mulai merasa cemas dalam situasi di mana emosi tidak diperlukan sama sekali dan di mana itu berdampak pada kinerja.

Ketika kecemasan mulai terjadi di mana tidak ada bahaya nyata maka itu dikatakan sebagai gangguan. Berikut adalah contoh-contoh gangguan kecemasan yang paling terkenal:

Gangguan serangan panik: tiba-tiba mengalami serangan kecemasan yang kuat yang disertai dengan ketakutan yang intens
Agoraphobia: (bertentangan dengan kepercayaan umum itu bukan rasa takut atau tempat-tempat umum tetapi rasa takut mengalami serangan panik dan tidak mampu menghadapinya. Itulah sebabnya orang yang menderita Agoraphobia biasanya menghindari tempat-tempat di mana ia berpikir pelarian itu sulit (seperti tempat ramai)

Fobia sosial: memiliki perasaan kesadaran diri

Gangguan kecemasan umum: 


Gangguan kecemasan umum yang menyebabkan ketegangan dan kekhawatiran berlebihan di sebagian besar peristiwa kehidupan
Pengobatan kecemasan dan laju pernapasan
Ketika seseorang menjadi cemas dia berhenti bernapas dengan benar dan ini semakin meningkatkan kecemasannya. Untuk menghentikan siklus penguatan diri ini, belajar cara rileks dan mengendalikan laju pernapasan.

Semakin banyak berlatih teknik relaksasi, semakin mengendalikan emosi, menjadi semakin mengatasi kecemasan lebih mudah.

Kecemasan dapat disebabkan oleh pemikiran negatif
Salah satu penyebab utama kecemasan adalah pemikiran negatif. Berpikir negatif adalah kebiasaan menggunakan kata-kata dan frasa negatif sambil berpikir seperti "saya tidak akan pernah datang tepat waktu" atau "bos saya akan meneriaki saya hari ini, yakin akan hal itu".

Mengubah kebiasaan berpikir negatif  menjadi positif dapat menjadi sangat efektif dalam membantu  mengatasi Gangguan kecemasan
Next Post
No Comment
Add Comment
comment url
Related Post
gangguan kecemasan